Thai Chicken Rice (Ter)Enak di Bangkok ?

Salah satu makanan di Thailand yang paling gampang dibuat, murah, disukai semua umur dan dapat dimakan kapan saja adalah Thai Chicken Rice / Khao Mun Gai atau biasa kita kenal seperti Nasi Hainam khas Singapore.

Di area Pratunam sebrang Hotel Berkeley, atau sekitar 5 menit berjalan kaki dari Platinum Mall ada 2 restaurant terkenal dan menjual menu sama, yaitu Chicken Rice. Tetapi yang lebih terkenal adalah Kaiton Pratunam / Go Ang Chicken Rice Restaurant ini yang pegawainya memakai kaos polo berwarna pink, sedangkan restauran yang lain itu memakai kaos hijau.
Go Ang telah berdiri lebih dari 20 tahun dan terletak di jalan Phetchaburi Soi 30. Walaupun penampakan tempat makannya hanya sederhana saja, tetapi disaat jam sibuk akan terlihat antrian pengunjung yang ingin makan di tempat atau untuk dibawa pulang.
Memang kebanyakan yang datang kesini adalah penduduk lokal, tetapi untung mereka mempunyai buku menu dengan bahasa Inggris dan foto sehingga kita tahu apa yang akan di pesan.
Selain thai chicken rice kita juga bisa memesan berbagai menu tambahan. 
Untuk yang mau membeli dibawa pulang , langsung saja mengantri di bagian kanan luar restauran.
Saya memesan sepiring chicken rice dengan porsi kecil seharga 40B saja. Pesanan datang dengan cepat. Dimana kita akan diberi sepiring nasi, beberapa potong ayam, mentimun dan semangkuk kuah dan sambal.

Salah satu rahasia keistimewaan dari Chicken Rice di sini adalah karena memakai ayam Kampung dan harga untuk porsi kecilnya hanya 40 atau sekitar Rp. 16.000

Yang membedakan Thai Chicken Rice dengan Singapura Chicken Rice adalah nasinya lebih harum dan tidak berminyak , dan daging ayam yang lembut dan empuk dengan sedikit lemak.

Plus untuk lebih menikmati hidangan ini, Anda bisa menambah dengan saus cabai yang sudah disediakan, berupa campuran cabai, saus manis dan bawang putih. Atau ada juga saus hitam manis yang memberikan rasa khas Thai yang unik.

Jadi begitu banyak indra pengecap yang dapat dirasakan mulai dari harumnya nasi, keempukan daging ayam, dan paduan rasa sedikit pedas, manis dan gurih bercampur satu.

Sebagai seorang “chickentarian”, saya sangat bersemangat untuk datang ke tempat ini. Tetapi terus terang kehebohan “the best Hainam ini tidak sesuai dengan ekspektasi saya. IMHO hidangan disini enak, tetapi so-so. 

Saya pernah makan di sebuah kedai kecil di dekat BTS on Nut dimana itu adalah the best Chicken Rice dengan kuahnya yang sangat enak sehingga saya sampai minta tambah 1 mangkuk lagi.

So sekali lagi jangan percaya 100% dengan apa yang ditulis di internet. Mungkin yang menulis itu belum pernah mencoba makan di tempat lain dan langsung menuliskan review bagus :)

But, happy hunting & happy eating !
GO ANG PRATUNAM CHICKEN RICE RESTAURANT

Buka 5.30am – 3pm, 5pm – 3am

960 – 962, Phetchaburi Road,
Soi 30, Pratunam, Bangkok, Thailand
Sebrang Paladium Mall / Hotel Berkeley.

BTS Chid Lom atau ARL Ratchapraprop dan kemudian berjalan kaki sekitar 10 menit.