40 Tempat Kuliner Halal di Bangkok

 Tempat Kuliner Halal di Bangkok
Tidak banyak yang mengetahui bahwa populasi Muslim adalah yang terbesar ke 2 di Thailand, setelah Buddhist, tentunya.



Dan sebagai salah satu kota favorit turis dunia, Bangkok pun banyak didatangi turis muslim yang tentu juga membutuhkan produk dan makanan Halal.

Banyak klien yang menanyakan dimana mencari makanan halal di Bangkok. Tidak terlalu sulit, asal mau jeli sedikit mencarinya, walau mungkin pilihannya memang lebih terbatas.

Hampir disetiap mall atau food court biasanya ada satu atau dua counter yang menyediakan makanan halal, dengan tempelan tulisan halal di kaca etalasenya.

Dan jika ingin makan dari street food, biasanya ada stiker tanda "halal" juga yang terpasang di gerobak tersebut. Nah, gampang bukan ?

Lebih gampang lagi adalah mencari lokasi yang ada mesjidnya. Dimana ada mesjid, di sekitar situ pasti ada yang menjual makanan halal.

Jadi tidak sulit menemukan tempat yang menjual makanan halal, tetapi memang tergantung selera saja, karena hampir dipastikan yang muncul adalah makanan khas timur tengah seperti nasi briyani, kari kambing dan sejenisnya.

Seorang klien bahkan menyiapkan tulisan Thai ฉันไม่กินหมู di baca Mai Ao Muu Khaa artinya "saya tidak makan babi" tulisan Thai ini di save di handphone dan ditunjukan kepada penjual saat akan membeli makanan.

(untuk wanita, maka setiap akhiran kalimat harus tambahkan " Khaa", Jadinya "Mai Ao Muu Khaa", kalo pria jadinya: "Mai Ao Muu Krub")

Untuk makan pagi atau sekedar mengganjal perut sementara, bisa membelinya di mini market 7 Eleven atau Family Mart.

Ada beberapa makanan seperti burger, nugget dan frozen food nasi seharga mulai dari 40 baht, yang bisa langsung di microwave oleh sang kasir. Tapi baca dahulu dengan jelas, daging apa yang terkandung didalamnya.



Dan jika ada bazaar di suatu tempat, di stand yang menjual makanan Halal juga ada tulisan sehingga mempermudah bagi yang ingin mencarinya.


Dibawah ini ada beberapa tempat makan di Bangkok yang menjual makanan Halal

Daerah Sukhumvit

Restoran Usman, yang berada di samping Hotel Imperial Regency di Soi 22 Sukhumvit (BTS Phrompong , exit 6) . Meskipun tempatnya kecil dan berada di gang kecil, namun nyaman, dan cukup lengkap menu Indonesianya. Dan yang pasti harganya masih terjangkau, kisaran 50 bath.

Restoran Alisha, yang berada di Sukhumvit Soi 13, 5 menit jalan dari Nana BTS Station (Exit 3)

Sekitar Sukhumvit soi 3 dikenal sebagai "Little Arabia", ada banyak restoran yang melayani komunitas Muslim.

Daerah Siam Square :
Di area food court Food Republic , Siam Centre (antara Siam Discovery dan Siam Paragon) ada sebuah counter yang bernama "Khomoksiam-Indo". Ada keterangan bahwa usaha ini dimulai dari keluarga muslim dari Indonesia yang mencoba bisnis di bidang kuliner. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal.
 Tempat Kuliner Halal di Bangkok siam

Daerah National Stadium
Di MBK, mall favorit turis Indonesia, setidaknya paling tidak ada 3 lokasi yang menyediakan makanan halal.

Yang pertama adalah Restoran Yana (Yana Restaurant, Thai & International Halal Food) di lantai 5. Restoran ini menyediakan masakan khas Thailand (tom yum dan som tam) dan menu internasional (steak,dll )

Lokasi kedua adalah The Fifth Food Avenue, sekumpulan restoran dengan menu dari berbagai negara. Lokasinya tepat di seberang Yana Restaurant.

Di dalamnya ada restoran Indonesia (halal) bernama ‘Indonesian Food by Jimbaran Bali’.
Restaurant Halal di MBK Bangkok

Di lantai 6 MBK, ada food court yang di dalamnya ada kios yang menjual makanan halal juga. Harganya paling murah diantara 2 pilihan di atas.
Makanan Halal murah di MBK Bangkok
Di soi Chula 8, gang sebelah National Stadium - sebelah MBK.Turun dari skytrain di stasiun National Stadium, ambil jalan Exit 2, dan berjalan sejajar rel skytrain.

Di sebelah kiri akan anda temui Soi Chula 8. Tepat di pojok kiri soi Chula itulah depot makanan halal berada. Menu standar masakan rumahan Thailand muslim: nasi briyani ayam, lauk pauk ikan, tumis sayuran, sop buntut, daging sapi goreng, tomyam, dan sebagainya. Harga tak terlalu mahal. Satu set nasi, sayur, dan lauk berkisar antara 40-50 baht.

Daerah BTS Ratchathewi
Di dekat stasiun BTS Ratchathewi (satu station dari Siam), turun di pintu keluar sebelah kanan 7-11 (Phayathai rd - balik ke kiri menuju Petchaburi Rd).

Menyeberang jalan - dan belok kiri pada Petchaburi - adalah Jl. Petachaburi soi 7 atau yang biasa disebut soi Surao (karena ada masjid di soi ini).Lokasi Soi Surao ini hanya sekitar 3 menit jalan kaki dari stasiun BTS Ratchatewi.

Kalau kita masuk ke soi 7, tak jauh dari masjid bertebaran warung-warung makanan halal dan penjual muslim makanan kecil atau ayam panggang di pinggir soi. Sebut saja warung Hayati, warung Ali Selatan, Restoran Farida Fatornee , Pasar Ramdhan, dan lainnya.

Restarant Mak Yah yang dimiliki dan dikelola oleh Muslim Thailand (yang juga berbicara Melayu) dengan menu masakan Thailand yang cukup otentik.

Restorant Bunga Tanjong yang terletak di soi 7, tempatnya tepat di ujung jalan sebelum berbelok ke soi 7. Tempat ini buka dari jam 12 siang sampai jam 12 malam.

Di Soi 5 nya juga ada beberapa tempat yang menjual makanan halal.



Daerah Pratunam
Di Indra Plaza (connected dengan Indra Regent Hotel)

Tepat di sebelah First Hotel ada restorant Halal ala Timur Tengah

Kali lima dekat First Hotel, tepatnya di dekat McDonald, menjajakan dagangannya di atas gerobak dorong dan biasanya hanya ada di waktu pagi hari jadi cocok untuk sarapan.

Di gerobaknya tertulis حلال dan makanan yang disediakan martabak dan ayam goreng, nasi dan minuman hangat juga ada.

Dekat Baiyoke Sky Hotel ada Maedah Restaurant.

Soi 17 (Petchburi Road Soi.17) didepan"Phantip Plaza". Di gang (jalanan kecil), seperti sebuah kios rumah makan, indikasi apakah toko tersebut halal atau tidak anda dapat melihat dibagian dalam toko dan gerobak yang ada.

Bisa dilihat tulisan-tulisan ayat Qur'an(huruf Arab). Sebaiknya jika ingin meyakinkan tanya terlebih dahulu apakah makanan yang dijual halal atau tidak.

Ada Halal counter di Platinum Mall food court dengan menu "nasi kuning" ala Thai dengan ayam goreng yang enak.

Daerah Phaya Thai
Bang Dee Restaurant, Soi Aram Sii-Phyathai Road

Daerah Pier Tha Thien, dekat Wat Po- Wat Arun
Ada penjual makanan halal terletak dekat dermaga untuk menyebrang ke Wat Po
Daerah Phra Athit
Ada beberapa restaurant vegetarian yaitu Chai & Louis Vegetarian Restaurant dan Mai Kaidee Vegetarian Restaurant.

Di sore hari banyak vendor Muslim menjual makanan di dekat Fort Sumen dan di area Masjid Cakraphong, tidak jauh dari Khao San Road dan Phra Athit Pier.
Daerah Banglamphoo / Khao San Road
Aisah Rosdee dekat Wat Bowonniwet. Saya sudah beberapa kali mencoba Khao Mok Gai  di sini. Enak !

Restaurant Sara Halal di dalam New World City Hotel.

Daerah Sathorn
Kedai makanan kecil halal terletak di Sathorn Soi 12. Lokasi tepat berada di sebelah The Address Sathorn, Stasiun BTS terdekat adalah Chong Nongsi.

Daerah Silom
Kedai Huda di foodcourt on Silom Road Soi 36, deakt Silom junction, sekitar 600m dari Shangri La Hotel dan 400m dari Oriental Hotel & Oriental Pier.

Deen Restaurant , dekat Wat Kaek (Silom 15 Bus Stop)

Daerah Chinatown
Bahkan, di kawasan ini pun, anda bisa menemukan makanan halal di RESTAURANT MUSLIM, kari super lezat disajikan dengan telur rebus, bersama dengan sajian tusuk sate daging sapi lezat dengan saus kacang.

Di Bang Rak Market antara Thanon Charoenkrung Soi 44 and 48. BTS Station Saphan Taksin, Exit 1

Tofa Easy Halal Cafe, Junction Thanon Ratchabophit and Thanon Tithong

Home Cuisine Islamic Restaurant, Bangrak, sebrang lapangan parkir Kedubes Prancis , sekitar 15 menit jalan dari Saphan Taksin BTS station.

Di Chatuchak
street food Halal murah di  Bangkok Ada warung 'Saman Islam vendor di dalam soi 24 , dekat tugu jam di tengah pasar Chatucak yang menawarkan pilihan macam makanan dari briyani nasi dengan ayam, tom yam, berbagai macam menu mie.

Jangan takut kelaparan kalau di Chatucak, tersedia banyak stand makanan tertulis label حلال , kalaupun tidak mencantumkan label halal kita bisa bertanya atau menyatakan kalau kita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tidak halal.

Kah Jak terletak dekat 'Saman Islam' , harga makanan sekitar 50-70B

Kedai The yellow chicken rice (khao mok kai) dekat tanda Toilet 3 , di Section 5 yang bersebrangan dengan Section 14.

Rahmatullah, dekat dengan stasiun MRT Khampang Phet, menjual berbagai macam kebab
kuliner Halal murah di chatuchak Bangkok

Di Asiatique
Di dalam Asiatique ada beberapa tenant yang menjual makanan halal seperti kebab, tetapi yg paling lengkap dan harga lebih murah ada di Food Court sebrang Asiatique

Di Airport Suvarnabhumi

Di airport, ada tempat makan halal di luar hall concourse untuk publik penjemputan. Letaknya di food court lantai 1. Nama food court tersebut adalah : MAGIC FOOD POINT.

Ada satu konter yang menjual makanan halal (nasi, sayuran, dan lauk pauk) yang berada di pojok. Kalau kita melangkah masuk ke Food Court, konter ini ada di sebelah kiri (anda harus berbelok ke kiri) dan akan melihat petunjuk konter tersebut. Kabar baiknya adalah harga makanan di sini tidak semahal restoran-restoran yang ada di lantai atas, sangat pas untuk budget traveller, dan makanan juga enak.

Di Bandara Don Muang


PERLU SEWA MOBIL DI BANGKOK ?