Fasilitas u/ Muslim di Bangkok

Walaupun mayoritas utama adalah kaum Buddha, tetapi tentu saja bagi anda kaum Muslim, ada tempat di Bangkok untuk beribadah seperti Masjid/ mushola di tempat umum, memang tidak terlalu banyak, tetapi bisa anda kunjungi jika ingin mempunyai pengalaman beribadah dalam bahasa dan kebudayaan lokal !

1. Masjid Darul Aman di Petchaburi soi 7 ( soi Jed), sekitar 10 menit jalan kaki dari Station BTS Ratchathewi dan sekitar 1km dari Platinum Fashion Mall / Pratunam Market dan MBK Shopping Centre.

2. Masjid Jawa di distrik Sathorn, lalu tanyakan ke penduduk setempat di mana letaknya. Lalu dengan menyebut kata “surau” atau “hong lamat muslim”, telunjuk penduduk langsung menunjuk ke sebuah bangunan di Jalan 707 Soi Ranghamkeang, Yanawa. 

3. Masjid Haroon dekat hotel Mandarin Oriental ( Pier N1 Oriental ) , Soi 36 Chareon Krung sekitar 1km dari Saphan Taksin BTS Station. Khotbah dalam 2 bahasa, Inggris & Thai. Info lain baca ini

4. 2 buah di daerah Silom ( BTS Chong Nongsi )

5. Masjid Cakraphong terletak di jalan kecil yang disebut Trok Surao ( sebrang Tang Hua Seng Department Store) di Jalan Cakraphong, Banglamphoo, tidak jauh dari Khaosan Road dan Phra Athit Pier.

6. Masjid Suanphlu dekat BTS Wong Wian Yai

7.Masjid dekat jembatan Phra Pok Klao (sebrang sungai)

8. Masjid Zhohirul Islam di Sukhumvit Road Soi 55 atau lebih dikenal sebagai Thonglor, antara kantor polisi Thonglor dan Mercedes Benz showroom, tidak jauh dari Thonglor Soi 20.

9. Mesjid Bangkok di BTS Surasak, dekat Myanmar embassy , lewati Hotel Holiday Inn Silom, terus berjalan sekitar 5 menit melalui Thanon (jalan) Mahesak kemudian belok kanan ke Thanon Surawong dan kemudian harus belok kiri masuk gang kecil atau soi untuk sampai ke masjid ini. Maklum alamat resminya adalah 332 soi san Chao Maepla Taphai, Thanon Suriwong, Bangrak.

10. Masjid dekat Klong Tun ARL 

11. Masjid Mirasuddeen terletak di Silom Road, Soi 20 sekitar 1 km dari Stasiun BTS Surasak, 1km dari Nong Chongsi BTS Station dan 1.6km dari Stasiun BTS Saladaeng.

12. Ada tiga masjid di daerah Nana (Sukhumvit Soi 3 & 5): 
1. di lantai 1 Sahara Hotel, Sukhumvit Road Soi 5; 
2. di lantai pertama Shahrazad Restoran, Sukhumvit Road Soi 3/1, dan 
3. di gang sebelah Inn Hotel Sky, di belakang Petra Restoran (Soi 3/1)-Masjid Nana. 

13. Masjid di dekat Asiatique Riverfront

14. Masjid Ban Oou di Thanon Charoenkrung, Soi 48 antara Centrepoint (Robinson Departemen Store) dan Shangri La Hotel (Chao Phraya) dan sekitar 200 m dari Saphan Taksin BTS Station, Exit 1 , d sebelah kanan ada gang dan Anda dapat melihat food Court di kanan Anda. Berjalan lebih jauh sampai akhir dan Masjid Ban Oou ada di kanan Anda.

15. Masjid Muhajireen, Ratchadapisek belakang JUSCO, MRT station terdekat : Thailand Cultural Centre Station.

Fasilitas mushola di tempat umum 

Kalau anda menanyakan mushola ke orang Thailand, tanya saja, “hong lamard, yoo ti nai, ka/kap?” (hong lamard = musholla/surau; yoo ti nai = di mana )

1. MBK, di lantai 6 dekat tempat parkir mobil. 

2.Platinum Mall : Prayer room untuk laki-laki ada di pojok sebelah lift lantai 5 dekat kantor bank, sedangkan perempuan di lantai 2

3. Central World Shopping Centre : ada di Level 1,dekat information centre.

4. Siam Paragon, di lantai basement mall , South Lift Lobby. Buka : 10.00am.-10.00pm.

5. Airport Suvarnabhumi di surau / mushola yang terletak dekat terminal E,musholla berada di lantai 3 

6.Airport Suvarnabhumi dekat gerbang 9 (tingkat 4), dekat pembungkus-layanan koper,di ruang keberangkatan di area yang menghubungkan antara terminal penumpang internasional 1 dan 2.

7.Queen Sirikit National Convention Center (QSNCC)

8. Di Dream World, theme park untuk keluarga

9. Di Chatuchak, cari Gate 1, ada TMB Bank di sebelah kiri Anda. Berjalan di gang sebelah bank, belok kiri dan Anda akan melihat musolla tersebut.

10.  Lantai 2 JJ Mall.

Silahkan jika masih ada yang mau menambahkan