Ekkamai Eastern Bus Terminal

Di Bangkok sangat mudah, nyaman dan murah untuk melakukan perjalanan dari 1 kota ke kota yang lain. Itu karena sistem transportasi dan infrastrukturnya yang lengkap.

Ada 3 terminal bis utama untuk melakukan perjalanan darat yang terbagi sesuai arah tujuan yaitu :
  • Southern Terminal / Sai Tai Mai untuk tujuan ke area Selatan seperti Phuket, Krabi, Hat Yai, dlsb
  • Northern Terminal / Mo Chit untuk tujuan ke area Utara seperti Chiang Mai, Chiang Rai, dlsb
  • Eastern Terminal / Ekkamai untuk tujuan ke area Timur seperti Pattaya, Cambodia, Koh Samed, dlsb
Dari segi lokasi Ekkamai bus terminal paling gampang dijangkau karena terletak di tengah kota dan dapat di datangi dengan mudah karena hanya berjarak beberapa meter dari stasion BTS Ekkamai. Tinggal keluar di exit 2 dan berjalan sekitar 2 menit kamu sudah sampai di terminal bus ini. 
Tetapi jika dilihat dari segi ukuran, terminal bus ini tergolong paling kecil dibanding Northern / Southern. Tapi fasilitas dan kebersihannya cukup oke dengan banyak petunjuk ditulis dalam bahasa Inggris. Petugas loket bisa berbahasa Inggris, jadi tidak akan mengalami kesulitan untuk membeli tiket. 
Untuk info Southern Terminal lihat post ini
Begitu datang kamu akan disambut orang yang menanyakan kemana tujuan kamu dan akan membantu untuk mengarahkan ke loket yang bersangkutan. Untuk beberapa tujuan memang ada beberapa operator bus yang berbeda. Harga tiket cenderung sama, jadi sesuaikan saja dengan jam keberangkatan yang tercepat. Untuk jalur favorit seperti Pattaya, bus berangkat hampir setiap 1 jam.
Untuk tujuan tertentu seperti ke Koh Samed, dijual tiket combo PP gabungan bus & boat yang praktis sehingga tidak usah repot membeli tiket lagi .

Jika sudah mendapatkan tiket, tinggal menunggu di dekat parkir bus yang diberi nomer dan serahkan tiket pada kondektur yang menunggu di dekat bus. 

That's it , di Bangkok gampang banget untuk bisa traveling ke kota lain bukan ? 

Cek harga & jadwal bus di sini

Ingin tahu bagaimana ke Cambodia naik bus ?  lihat post ini dulu