Transport Murah Don Muang Bangkok

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba ! Liburan ke Bangkok ! Yeay ! 

Tapi kamu agak khawatir karena baru pertama kali ke luar negeri  dan nanti akan mendarat di bandara Don Muang (DMK) . 

Jangan takut, baca saja banyak info tentang DMK ini.
Untuk urusan transportasi, ada berbagai macam cara untuk pergi dari / ke bandara Don Muang (DMK) Bangkok, yaitu naik taxi, sewa mobil , naik bis kota, kereta api , atau combo bis dengan; MRT / BTS.

Semua ada pro & kontranya , pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget dengan beberapa pertimbangan di bawah ini :
  • pilih naik taxi cocok untuk 2-4 orang dengan koper, harga mulai dari 300B. Resiko bisa terkena macet dan antri taxi bisa lama
taxi Don Muang Bangkok
  • sewa mobil/van sewa cocok untuk 4-10 orang dengan koper, harga mulai dari 1000B . Praktis dan nyaman namun relatif mahal dan resiko bisa terkena macet .
  • naik bis kota cocok untuk yang lokasi penginapannya dilalui jalur bus, atau sudah pernah ke Bangkok sebelumnya. Tapi perjalanan akan lama karena bisa terkena macet. Harga tiket mulai dari 15B
  • naik kereta api cocok untuk yang ingin melanjutkan perjalanan melalui kereta api, tetapi paling lama dan jadwal tidak fleksibel
  • kombinasi bis & MRT / BTS . cocok untuk 1-3 orang dan barang bawaan tidak terlalu berat, harga mulai dari 45 B. Nah info lengkapnya ada di bawah ini :           
Jadi, untuk yang baru mendarat di bandara DMK dan ingin memakai moda transportasi yang tidak terkena macet dan cukup murah, paling pas adalah memakai   kombinasi  bis A1 dan kemudian disambung dengan memakai MRT / BTS. 
Tentu syarat utama yang harus diketahui adalah seberapa dekat jarak dari hotel tujuan ke stasiun  MRT / BTS. 

Karena jika  cukup jauh dan belum mengenal areanya, sebaiknya memakai taksi saja untuk menghindari tersesat dalam mencari hotel yang berada di dalam jalan-jalan kecil.
Transport Murah Don Muang Bangkok
Cara untuk memakai pilihan ini gampang saja :

Setelah mendarat, jika berada di terminal 1 - internasional langsung menuju gate 5 dan menunggu bus yang akan berhenti di depan situ. Biasanya ada petugas yang membawa kertas ikut mengiklankan bus A1 & A2 itu.
bus a1 a2 Don Muang Bangkok
Bisa memilih untuk memakai yang A1  jurusan akhir Mo Chit bus terminal , atau yang A2 dimana jurusan akhir adalah Victory Monument BTS.

Jika mendarat  di terminal 2 - domestik langsung keluar saja menuju gate 3 dan tunggu disitu.
Lama menunggu sekitar 10-15 menit saja.

Harga tiketnya hanya 30B , dan jangan takut jika hanya punya uang 1000B.

Nanti tinggal beri saja uang pada kondektur yang akan menagihnya. Oya, di Bangkok, kondektur di bis itu biasanya wanita dan ada kondektu yang masih muda, berdandan rapi memakai blazer dan stocking seperti pegawai kantoran loh !
mrt bts chatuchak mo chit don Muang Bangkok
Malah kadang-kadang  supir bus nya juga wanita

Kedua bus A1 dan A2 akan berhenti di dekat stasiun di BTS Mo Chit / MRT Chatuchak Park. Jangan takut terlewat karena sebelum sampai di halte bis ini kondektur akan memberitahunya dan rata-rata orang juga akan turun di situ.



Jika akan naik MRT  tinggal jalan beberapa meter saja ke MRT Chatuchak Park . sedangkan jika naik BTS , harus berjalan kaki beberapa meter sedikit lebih jauh untuk ke BTS Mo Chit. 

Gampang kan ?

Sebaliknya jika akan ke terbang pulang kembali ke DMK, ikuti saja proses yang sama, tetapi jalurnya dibalik dan nanti tunggu di perhentian bus dekat MRT Chatuchak Park / BTS Mochit yang ada tanda seperti ini. 
bus chatuchak mo chit don Muang Bangkok
Bis hanya akan berhenti beberapa detik saja, jadi begitu bis mendekat, langsung bersiap untuk naik. 


nb: saat ini juga ada bus dengan tipe baru yang berwarna putih dengan corak biru.

UPDATE :
dengan harga tiket 50B dan rutenya  sebagai berikut
A3 :  ke Lumphini park dan stop di daerah Pratunam
A4 : ke Khao San Road
bus airport don Muang Bangkok