Oleh-Oleh Dari Thailand Untuk Yang Hobi Makan & Masak

Oleh-Oleh dari Bangkok / Thailand Untuk Yang Hobi Makan & Masak
Salah satu hal yang membuat banyak turis datang berlibur ke Thailand adalah karena ingin merasakan langsung masakan Thailand yang lezat dan original. Bahkan dalam artikel Which country has the best food? di tahun 2018, CNN menetapkan Thailand di urutan ke 8 dari 10 besar.

Untuk yang pernah berkunjung ke Thailand dan mencoba masakan di sana tentu merasakan perbedaan antara kuliner Thai di restaurant Indonesia dan yang asli di masak di negaranya langsung.


Perpaduan kombinasi rasa asam pedas manis asin dan gurih berpadu dengan kesegaran bahan masakan membuat makanan Thai menjadi salah satu yang paling dirindukan setelah pulang kembali ke negara asal.

Sama seperti Indonesia, masakan Thai membutuhkan banyak bahan dan bumbu-bumbu serta rempah untuk menciptakan rasa yang khas dan asli, seperti jahe, kemangi, bubuk cabai, kayu manis, sereh, dll.
Nah untuk yang kangen ingin kembali menikmati hidangan khas Thailand atau ingin memperkenalkannya pada keluarga atau teman, cara paling mudah dan murah adalah membeli berbagai macam bumbu instant moderen yang diharapkan dapat menghasilkan kelezatan masakan Thailand yang sesungguhnya .

Sama seperti bumbu instan yang dijual di Indonesia dimana kita tidak perlu repot-repot harus memotong, menggiling, mengulek atau menakar berbagai macam bahan, bumbu dan rempah yang ada.
bumbu masak thai food
Sekarang tinggal membeli bumbu dalam kemasann dan voila, kita bisa membuat masakan dengan praktis dan cepat . Cocok untuk dijadikan oleh-oleh yang murah dan bermanfaat bagi yang mempunyai hobi suka memasak dan suka makan.

Bumbu instan ini bisa dengan mudah ditemukan di jaringan supermarket besar seperti di Tesco Lotus atau Big C. Bisa juga ke Siam Paragon di Ground fl. (Stasiun Siam BTS), di Emporium di lantai 5 (Stasiun BTS Phromphong) dan Terminal 21 LG (stasiun Asoke BTS) atau di minimarket seperti 711, Family Mart, dll.

Namun selain di supermarket / minimarket, beberapa bumbu ini juga dapat ditemukan di toko yang menjual oleh-oleh makanan kering, seperti di Platinum mall lantai food court atau di Asiatique.


Harganya pun tergolong ekonomis, mulai dari hanya 12 baht ( Rp.5200) per paketnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa dibeli :
bumbu masak thai food pad thai1. Lobo
Salah satu merek dengan banyak pilihan bumbu untuk membuat berbagai masakah Thai yang favorit adalah Tom Yum Paste dan Green Curry Paste.

Saya pernah mencoba membuat Pad Thai dengan LOBO dan hasilnya tidak mengecewakan.


bumbu resep thai food
2. Blue Elephant
Dikenal sebagai salah restoran terbaik Thailand, selain menyajikan masakan Thailand yang otentik, Blue Elephant juga membuka kelas memasak .

Terkadang keterampilan bukanlah segalanya - Anda juga memerlukan bahan-bahan rahasia dan dalam hal ini, esensi masakan Thailand adalah rempah-rempah asli yang dibuat oleh Blue Elephant.

3. Mae Pranom Brand
Merek ini berusaha sedekat mungkin untuk membuat produk bumbu seperti buatan rumahan. Produknya terbuat dari 100% bahan alami, tidak mengandung MSG, pewarna buatan, atau pengawet.

Produk utamanya, thai shrimp paste dikenal sebagai "terasi" terbaik di pasaran. Bumbu cabe udang keringnya pun mantap untuk disantap sebagai penambah rasa pedas.

Dulu sebelum ada produk seperti ini di Indonesia, saya juga sering membelinya untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman atau keluarga di Indonesia.

Dan beberapa item dari merek ini sudah tersertifikasi halal.


Tentu saja selain 3 merek diatas ada banyak merek lainnya yang bisa dibeli, seperti ini :

Khusus untuk yang senang dengan Pad Thai, bisa juga membeli bumbu sausnya seperti yang di samping ini ( Tinggal menggogling untuk bahan lain dan resep lengkapnya ).

Tetapi karena ada berbagai merek, Anda harus mencoba beberapa kali dan memilih mana yang paling sesuai dengan selera Anda.

Karena beberapa rasanya lebih pedas, beberapa mungkin lebih manis dan sebagainya.

Sedangkan untuk yang ingin lebih meningkatkan cita rasa ala Thai bisa membeli berbagai macam cocolan saus / sambal seperti berbagai saus ala Bangkok dengan rasa asam pedas manis, saus seafood, juga saus cabai nanas dan versi Thai saus teriyaki.
Di supermarket yang menjual barang import juga biasanya menjual saus ini, tetapi tentu saja harganya lebih mahal.

Sama seperti Indonesia, Thailand pun terkenal dengan berbagai macam rasa dan jenis sambal / nam phrik.

Di supermarket/mini market bisa dibeli berbagai rasa dalam 1 paket kemasan kecil dengan packing menarik yang cocok untuk oleh-oleh dan sudah tersertifikasi halal.


Selain itu sekarang juga banyak dijual berbagai macam paket untuk membuat Tom Yum yang terdiri dari berbagai macam bahan makanan asli seperti jahe, cabai , jamur, daun jeruk, serai, lengkuas yang sudah dikeringkan.

 Ini Resto " The Best Tom Yum" di Bangkok

Sangat berguna bagi para koki pemula yang ingin memberi kesan bahwa mereka bisa memasak dan membuat Tom Yum dengan mudah , praktis, cepat dan enak.

Padahal rahasianya adalah nanti anda hanya tinggal merebusnya dan menambahkan bahan makanan asli lainnya seperti udang, tomat, jamur, dlsb .

Sempat menemukan di sebuah kios di Chatuchak dan ada yang dijual di supermarket juga







Dan untuk yang ingin memasak tetapi membutuhkan banyak (bubuk) rempah-rempah yang jarang dijual di Indonesia, di Thailand anda bisa membelinya dalam bungkus satuan atau dalam sepaket kecil dengan beberapa rempah sekaligus.

Bisa dibeli di Chatuchak , floating market Damnoen Saduak dan beberapa tempat lain. Praktis dan kreatif ya !






Salah satu minuman favorit saya di Thailand adalah ice tea with lemongrass (sereh). Perpaduan ini rasanya enak dengan wangi lemongrass yang segar dan rasa yang khas.

Di Indonesia menu ini biasanya hanya ada di restauran tertentu saja dan harganya cenderung mahal untuk ukuran es teh manis.

Kebetulan di Thailand banyak tempat yang menjual daun teh yang langsung sudah dicampur dengan lemongrass / daun sereh, bisa juga di tambah dengan pandan, mint, atau bahan lainnya.
















Tidak perlu ke restauran, saya  bisa membuatnya di rumah dengan praktis dan mudah.

Untuk membuat secangkir hot tea with lemongrass  tinggal mengambil segenggam daun teh ini ke dalam air mendidih dan bisa menambahkan madu jika ingin lebih manis.

Selain bumbu atau bahan masak kamu bisa juga membelikan barang lainnya untuk yang hobi masak.

Contohnya seperti apron atau celemek lucu ini yang dijual di Platinum mall , Chatuchak atau JJ Green Night Market.

Semoga beberapa ide diatas bisa menjadi pilihan jitu untuk membeli oleh oleh khas Thailand yang pas untuk yang hobi kuliner dan berguna serta bisa dinikmati bersama di Indonesia nanti.

0 comments:

Post a Comment