Songkran Festival ter Seru !

SONGKRAN, atau Tahun Baru Thailand, merupakan waktu untuk reuni keluarga. sama seperti tradisi mudik saat Lebaran di Indonesia, pada saat seperti ini, Bangkok menjadi kosong karena setengah penduduknya 'mudik' untuk bertemu keluarga dan orang-orang terkasih.

Secara tradisional, anak-anak akan memercikkan air ke tangan orang yang lebih tua dan meminta berkat, sebelum akhirnya berpesta air dan menyiramkan air ke siapa saja, di kota, di sungai dan di kanal.


Di Sanam Luang, Bangkok, patung Buddha yang sangat dihormati, 'Phra Buddha Sihing' akan ditampilkan dan dimandikan oleh ribuan umat Buddhis.

Terkadang perayaan ini menjadi perang air, tapi karena April adalah bulan yang panas maka ini sangat menyenangkan untuk mendinginkan kepala dari sengatan panas matahari ! Kao San Road, pusat backpacker di Bangkok, juga menjadi pusat pengalaman perang air ini. Bagi yang tidak suka basah, sebaiknya menonton dari balik jendela hotel saja ! :)
( sumber http://www.wisatathailand.com/AdditionalFiles/songkran.htm )
 
Karena Songkran sudah menjadi salah satu festival paling seru di dunia, sehingga banyak turis yang datang khusus ke Thailand untuk ikut dalam "perang air terbesar" di dunia ini. The Tourism Authority of Thailand sudah memperkirakan akan ada 2.7 juta turis domestik & mancanegara yang akan datang, dan kondisi pemesanan hotel-hotel di area seperti  Bangkok, Chiang Mai, Phuket, Hat Yai, Pattaya sudah mencapai sekitar 70%.
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTYNlYqKT8DITD7b7NMLw-6raJ-u0faMwdpxf_LmeA_zQxTGWAp
Sudah ada 180 penerbangan yang di pesan / charter  (sekitar 31,973 seats) dijadwalkan datang dari  China dan Russia. Coba bayangkan berapa milyar baht uang yang akan masuk ? Indonesia seharusnya mempunyai festival seperti ini yang bisa mendatangkan devisa negara pula !

https://travee.co/upload/plans/1016/thumb_sub5_travel_like_a_local_in_thailand_join_festivals.jpg
Songkran Do’s and Don’ts
Do’s
  • Do give alms and make merit (or just witness the rituals if you are not a Buddhist)
  • Do use waterproof bags to protect your valuables
  • Do watch your belongings
  • Do use public transportation if you are heading to one of Songkran ‘hotspots’, as traffic will be paralysed
  • Do try wishing the locals a happy new year in Thai – “Sawasdee Pee Mai!”
  • Do smile and have fun
Don’ts
  • Do not douse monks, babies or the elderly
  • Do not drive when you have been drinking
  • Do not throw water with ice or dirty water
  • Do not throw water at motorcyclists, to prevent road accidents
Jadwal Acara & Lokasi Songkran di Bangkok,Phuket dan beberapa kota lainnya :

BANGKOK
SONGKRAN SILOM is from 13th to 15th April. Silom Road will be closed for people to play from 2pm to 8pm (Other source say from mid-day to midnight). 

BANGKOK SONGKRAN FESTIVAL AT CENTRAL WORLD – 13-15 April 2013
The area in front of CentralWorld will be transformed into Songkran extravaganza from noon to 10pm, featuring the Carnival World, Entertainment World, Water World and Foam Party zones. The three-day fun-filled event features entertainment, food, attractions and rides such as a Ferris wheel, merry-go-rounds and games, and mini concerts by Slot Machine, Zeal and Big Ass, plus a water-splashing and foam party.

 PHUKET

Baca tentang festival lainnya di Thailand di link ini