Suvarnabhumi Airport bag.1

Suvarnabhumi Airport , dibaca [sù.wān.nā.pʰūːm] / suwanapum merupakan bandara baru untuk menggantikan Bandara Internasional Don Muang, terletak sekitar 25 kilometer sebelah timur Bangkok.

Nama Suvarnabhumi dipilih oleh Raja Bhumibol Adulyadej alm. yang artinya tanah emas.
Walaupun sudah besar, ternyata berkembangnya industri pariwisata di Thailand yang amat pesat membuat kemampuan bandara Suvarnabhumi menampung penumpang menjadi kewalahan. 

Bahkan, wisatawan yang hendak melakukan penerbangan melalui bandara dengan desain futuristik tersebut harus antri dan datang minimal 3 jam sebelum jadwal terbang.

Kemampuan bandara ini menampung penumpang adalah 45 juta penumpang per tahun, sedangkan tingkat kedatangan wisatawan ke bandara tersebut hingga 51 juta orang.

Ada dua terminal utama di bandara Suvarnabhumi ini yaitu terminal internasional dan domestik. Terminal kedatangan berada di lantai 2 dan terminal keberangkatan internasional berada di lantai 4. Kedua terminal ini masih dalam 1 area tempat yang di hubungkan dengan sebuah jalan (footway).

Komplek Terminal Penumpang / The Passenger Terminal Complex (PTC) terdiri dari 
Level B1 : Airport Rail Link (ARL), money changer 
Level 1 : Lobi tempat bus bandara, Taksi, kendaran pribadi, Magic Food Point (dekat gate 8) 
Level 2 Lobi kedatangan domestik & internasional, Kounter Pelayanan transfer, Pengambilan Bagasi, Imigrasi, customs, musholla, money changer, penitipan barang / koper, Kaunter untuk Transportasi dan akomodasi, kounter provider AIS/DTAC/TRUE 
Level 3 Lounge room, musholla, money changer,customs, meeting point 
Level 4 Keberangkatan internasional, Kounter Pusat Pelayanan, Kantor pelayanan tiket, Imigrasi, money changer, penitipan barang / koper, servis pembungkusan barang, kantor pos, VAT refund 
Level 5 Kantor THAI dan Star Alliance 
Level 6 Restaurant 
Level 7 Observation Deck 

Penumpang yang tiba di bandara Suvarnabhumi akan diantar mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) kedalam ruang kedatangan di lantai dasar. Kemudian naik ke lantai 2 untuk pemeriksaan imigrasi. Setelah menyelesaikan urusan imigrasi masih dalam lantai yang sama anda akan masuk ke ruang pengambilan bagasi.

Setelah mengambil bagasi, anda sudah resmi masuk wilayah hukum Thailand. Anda bebas kemana saja, bisa langung keluar mencari bus atau taksi untuk pergi ke pusat kota. Atau anda berniat melanjutkan perjalanan anda dengan membeli tiket penerbangan lain. Bisa juga anda ingin sekedar melihat-lihat suasana bandara, atau anda berniat tidur di Bandara.

Jika anda lapar dan ingin mencari tempat makan anda tinggal naik eskalator ke lantai 6. Disana tersedia beberapa counter makan dan minum. Ada beberapa cafe yang bisa anda manfaatkan untuk minum atau sekedar bersantai,termasuk counter makanan halal di keberangkatan,dan area tunggu. Jangan khawatir pula, ada 2 musholla yang representatif di lantai 2 area kedatangan dan lantai 3.

Ruang tempat keberangkatan ada di lantai 4. Disini anda bisa temukan puluhan counter dari seluruh maskapai dunia ada disini. Anda tinggal melihat dan memilih maskapai yang akan anda pergunakan untuk perjalanan anda selanjutnya. Ruang imigrasi keberangkatan juga ada disini. Lantai 2 adalah dimana tempat anda untuk melanjutkan perjalanan menuju pusat kota. Setelah keluar dari lobi anda akan menemukan counter untuk transportasi bus taksi dan kendaraan pribadi.

Untuk menuju terminal domestik, keluarlah terlebih dahulu dari pintu masuk utama. Kemudian setelah diluar perhatikan dan lihat, disitu ada papan petunjuk “Shuttle Bus to domestic”. 

Disisi gedung akan terlihat berjejer bus yang diparkir. Bus-bus tersebut akan membawa anda pergi dan kembali dari Terminal utama (Internasional) ke Terminal lokal (Domestik). 

Waktu tempuh antara kedua terminal tersebut dengan mempergunakan bus antar jemput (Shuttle Bus) adalah sekitar 3-5 menit. Selain mengunakan bus andapun bisa berjalan kaki melalui sisi gedung (footway) menuju terminal domestik, waktu tempuh dengan berjalan kaki sekitar 10-15 menit. 

Ketika Anda tiba di bandara Suvarnabhumi Anda akan melihat mesin ini ada di mana-mana.Dengan layar, keyboard dan handset, Anda dapat menelepon dan mendapatkan akses internet dari mesin ini, selain memberikan informasi tentang bandara juga.

Untuk menelpon, tinggal angkat handset dan mengikuti instruksi di layar sentuh, dan dapat operasikan dengan koin atau kartu kredit. 

Pemakaian minimal untuk kartu kredit adalah 100 baht , jadi jika Anda hanya akan menelpon atau memeriksa e-mail untuk beberapa menit, Anda sebaiknya menggunakan koin . 

Harganya : 
Lokal panggilan (Bangkok Metropolitan Area) 3 menit / baht 
SLJJ / HP 1,5 baht / menit 

Untuk panggilan internasional, Anda memiliki pilihan antara 007 atau 008 layanan. Dial 008 akan menggunakan teknologi Voice over IP yang menawarkan tarif yang lebih rendah (5-7 baht per menit) untuk ke negara-negara sebagai berikut:
Australia, Cina, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Inggris, Amerika Serikat ( dan 23 negara lainnya)

Jasa Penitipan Barang / koper ada di area kedatangan dan keberangkatan (lantai 2 dan 4). Biayanya 100 baht/ koper / ransel /24 jam. Anda dapat meninggalkan barang di sini sampai 4 bulan !

Jasa penukaran uang ada dimana-mana di dalam terminal. Ada beberapa bank yang menawarkan layanan pertukaran uang . Tapi sebaiknya anda sudah menukar dahulu uang di Indonesia, karena kursnya lebih rendah ! 

Di area kedatangan ada 3 gerai provider Sim CArd yang bisa langsung di beli, tetapi jangan takut karena ada free wifi di seluruh area bandara. 

Bersambung ke bagian 2, Klik ini












2 comments:

  1. Agan, Saya punya pesawat Air asia Jakarta - Bangkok tanggal 29 Sep --- berarti masih di Suvanabum ya?

    Trus tanggal 1 oct Bangkok - Phuket di Suvanabum atau di Don Muang?

    ReplyDelete
  2. sawasdee ka,
    iya, sept masi di BKK, sedangkan per 1 october sudah pindah ke DMK. konfirmasi lagi saja pas sampai di sana

    ReplyDelete